MENGENAL LEBIH JAUH Pembuatan SALURAN U DITCH & BOX CULVERT


saluran u ditch precast
Gambar Saluran U Ditch
   UD. Dwi Jaya Sentosa adalah perusahaan yang bergerak dalam memproduksi dan mensupply material bahan bangunan berupa beton precast. Salah satu produk yang dihasilkan UD. Dwi Jaya Sentosa yaitu saluran beton yang berupa U Ditch dan Box Culvert. Tentunya masih banyak lagi produk beton pracetak lainnya seperti Paving Block, Kanstin / Pembatas Jalan, Buis Beton serta Pagar Panel Beton.
 
   Sesuai judul di atas, pada artikel kali ini kami akan mengajak anda untuk mengulik lebih dalam tentang saluran beton yang berupa U Ditch dan Box Culvert.


   Yang di maksud beton precast adalah proses pembuatan struktur beton yang dilakukan dengan cara dicetak terlebih dahulu sebelum dipasang. Dari beberapa produk beton pracetak itu sendiri termasuk di antaranya adalah saluran air hujan beton precast berlubang dalam hal ini U ditch dan Box Culvert.

   Menurut SNI 03-6966-2003 diterangkan tentang saluran air hujan pracetak berlubang. Saluran air hujan beton pracetak berlubang didefinisikan sebagai saluran air hujan yang dibuat dari bahan beton bertulang dengan perlubangan sesuai design dan kriteria yang telah ditetapkan, dibuat dengan sistem pracetak. Saluran u ditch berfungsi untuk mengalirkan dan atau meresapkan air hujan dari suatu tempat ketempat lain.

   Persyaratan dalam produk beton tersebut agar cetakan u ditch maupun box culvert dapat digunakan sebagaimana fungsinya yaitu menyalurkan air atau membuat resapan yang di tetapkan sebagai Standar Nasional Indonesia (SNI) diantaranya adalah sebagi berikut :
  1. Saluran u ditch precast tersebut harus mampu mengalirkan serta meresapkan sebagian air hujan kedalam tanah dengan kecepatan tertentu. 
  2. Dipasang diatas tanah yang stabil. 
  3. Permukan beton pracetak harus halus dan tidak cacat serta kedap air. 
   Dalam pembuatan saluran air hujan, beton pracetak tersebut bahan yang digunakan adalah sement portland, agregat halus (pasir), agregat kasar (batu split), besi tulangan dengan  mutu fy 240 dan fy 400, serta air. Pada type  tertentu komposisi yang digunakan perlu ditambahkan zat aditif tentunya untuk meningkatkan mutu beton atau untuk mempermudah pengerjaannya (workability). Cetakan u ditch (bekisting) dibuat dari plat besi dengan pengaku dari siku atau bisa juga menggunakan tripleks yang diperkuat dengan rangka kayu. Cetakan dari kayu umumnya bisa dipakai hingga 5 kali, setelah itu bentuknya sudah tidak presisi. Cetakan saluran beton precast yang dibuat dari plat besi bisa dipakai berkali-kali tanpa batas.

   Type saluran beton precast saat ini di pasaran cukup banyak dan bervariasi, mengikuti kebutuhan yang diminta oleh pengguna pekerjaan saluran. Type ini dibuat sesuai dengan dimensi saluran yang akan dikerjakan serta mempertimbangkan beban-beban yang akan ditahan oleh saluran beton pracetak. Namun disini kita akan membahas dua diantara yang lainnya yaitu U ditch dan Box Culvert.
  • Saluran U Ditch  

    Saluran U Ditch Precast
    Gambar Pemasangan Saluran U Ditch
       U Ditch adalah saluran beton pracetak yang mempunyai bentuk fisik sesuai dengan namanya yaitu berbentuk huruf U dan berukuran kecil. Pemasangan saluran u ditch juga terkadang bisa di sertai dengan tutup atau cover u ditch. Tidak ada standar ukuran yang membedakan seluran beton pracetak tersebut. Perusahaan kami (UD. Dwi Jaya Sentosa) mencetak produk beton u ditch ini dengan ukuran lubang dalam 30cm x 30cm hingga 120cm x 120cm dengan panjang yaitu 120cm. 

       Saluran beton u ditch precast ini biasa digunakan pada halaman bangunan perkantoran, pergudangan, pabrik dan hotel. Besar kecilnya ukuran u ditch tergantung pada volume air yang akan dialirkan.
  • Box Culvert / Gorong Gorong

    box culvert gorong gorong
    Gambar Pemasangan Box Culvert
       Type saluran beton pracetak lainnya yang banyak dipakai sebagai saluran air drainase adalah box culvert atau gorong gorong beton. Box culvert adalah beton pracetak yang digunakan pada saluran yang melintasi jalan / crossing.

       Variasi dimensi atau ukuran box culvert yang ada di UD. Dwi Jaya Sentosa adalah mulai dari 40cm x 40cm sampai 200cm x 200cm untuk lubangnya. Dan memiliki panjang 100cm atau 1m.

        Itulah sekilas tentang saluran gorong gorong beton pracetak yang tentunya berkaitan dengan barang yang kami produksi di UD. Dwi Jaya Sentosa.

    Untuk pemesanan U Ditch & Box Culvert bisa menghubungi kami pada nomer : 0852-1387-7130/0878-8795-5417

    Semoga Bermanfaat.


    Daftar Harga Terbaru Saluran Beton Precast Terbaru :
    • Daftar Harga Saluran U Ditch
    • Daftar Harga Box Culver
     
 

Tips 7 Langkah Pemasangan Paving Block Dengan Mudah

Cara Pasang Paving Block
Gambar Proses Pemasangan Paving Block

     Senang bisa berbagi ilmu lagi disini. Untuk hari ini kami akan berbagi atau sharing pengetahuan tentang Tips 7 Langkah Pemasangan Paving Block Dengan Mudah dari mulai tahap awal atau persiapan, leveling hingga finishing akhir yang baik dan benar agar mendapatkan hasil pemasangan paving block yang sempurna. Mari kita simak bersama-sama...

     Dalam pemasangan paving block dibutuhkan alat alat bantu mesin seperti stamper kuda yang berfungsi untuk meratakan atau memadatkan struktur bawah atau pondasi yang diatasnya akan dipasang paving block. Serta ada pula alat bantu mesin lainnya yaitu stamper kodok atau vibro yang digunakan saat setelah paving block terpasang, alat ini berfungsi untuk meratakan serta merekatkan conblock yang telah terpasang agar tidak bergelombang dan kuat atau merekat antara susunannya. Adapun alat bantu manual yang cara menggunakannya dengan tenaga manusia adalah alat bantu pemotong paving block, alat ini biasa digunakan untuk memotong paving block untuk di pasang di bagian pinggir yang masih kosong agar terlihat rapih.

Tips 7 Langkah Pemasangan Paving Block Dengan Mudah

  1. Tahap pertama yaitu tentunya membersihkan lahan yang akan dipasang paving dari semua kotoran, seperti sisa dedaunan, pohon, plastic, lumpur, dll.
  2. Tahap perataan, pada tahap ini permukaan tanah yang tidak rata atau yang berlubang maupun yang bergelombang terlebih dahulu untuk disama ratakan.
  3. Tahap pengurugan tanah, dalam hal ini bahan atau material yang digunakan untuk  pengurugan banyak pilihannya, bisa berupa limestone, sirtu, sirdam, makadam dll. Urug material bahan bangunan tersebut di atas tanah padat, lalu urugan tersebut dipadatkan dengan menggunakan mesin pemadatan seperti roller (wales), atau bisa juga menggunakan stamper kuda. Pemadatan material urug tersebut disertai dengan penyiraman air untuk mendapatkan kualitas urugan yang sempurna.
  4. Ketebalan urugan menyesuaikan kerataan elevasi jalan tahap ini biasa disebut tahap leveling.
  5. Setelah  tahapan leveling, Gelar pasir urug atau disebut juga abu batu 5 cm dan ratakan. Pasir urug atau abu batu ini berfungsi membentuk permukaan yang rata dan mudah diatur untuk landasan pemasangan paving.
  6. Barulah masuk ke tahapan penyusunan paving di atas pasir atau abu batu yang telah digelar rata tadi sesuai dengan motif rencana yang diinginkan.
  7. Jika paving sudah dipasang semua, padatkan paving dengan stamper kodok untuk meratakan & memadatkan permukaan pemasangan paving sembari celah naat antar susunan paving di isi dengan menggunakan abu batu agar susunan paving block tersebut saling mengunci, tidak bergeser dan tidak bergelombang.
     UD Dwi Jaya Sentosa adalah sebuah perusahaan yang memproduksi dan mensupply material bahan bangunan untuk kebutuhan pekerjaan konstruksi yang sedang  berjalan. Selain itu kami juga meenyediakan jasa pemasangan khususnya dalam pemasangan paving block / conblock. Dalam proses pemasangannya paving block tentu tidak bisa sembarangan dan tidak bisa pula sembarang orang yang memasangnya, dikarenakan dalam pemasangan ini harus dengan teliti serta hati-hati apalagi pemasangan yang dilakukan dengan memakai motif atau corak warna yang diingiinkan agar struktur jalan atau halaman yang akan dipasang conblok akan terlihat indah atau lebih bervariasi.

     Untuk hal yang demikian maka diperlukan pula tenaga atau jasa pasang dengan orang yang profesional atau berpengalaman. Seperti yang disebutkan diatas tadi bahwa UD Dwi Jaya Sentosa menawarkan Jasa pasang paving conblok tersebut, tentunya bukan sembarang orang melainkan orang-orang terpilih yang sudah berpengalaman dalam hal tersebut.

Untuk Pemesanan Paving Block dan Pemasangan dapat menghubungi kami pada nomer 0852-1387-7130/0878-8795-5417

KEUNGGULAN HEBEL / BETON RINGAN AERASI DARI BATA MERAH

harga hebel per kubik
Gambar Pemasangan Hebel
     Hebel atau beton ringan aerasi adalah material yang menyerupai beton dan memiliki sifat kuat, tahan air dan api, awet (durabel) yang dibuat di pabrik menggunakan mesin. Beton ini cukup ringan, halus, dan memiliki tingkat kerataan yang baik.

     Beton / bata ringan ini diciptakan agar dapat memperingan beban struktur dari sebuah bangunan konstruksi, mempercepat pelaksanaan, serta meminimalisasi sisa material yang terjadi pada saat proses pemasangan dinding berlangsung.

*) Sejarah Perkembangan Hebel Aerasi di Indonesia

     Hebel atau Bata Ringan pertama kali diciptakan di Swedia pada tahun 1923. Saat itu, pembuatan bata ringan ini adalah alternatif material bangunan, dalam rangka mengurangi penggundulan hutan. Pada tahun 1943, beton ringan lalu dikembangkan lagi di Jerman oleh seseorang bernama Joseph Hebel. Sejak saat itu bata ringan ini dianggap sempurna, dengan alasan ramah lingkungan dan dibuat dari sumber daya alam yang berlimpah. Bata ringan bersifat kuat, tahan lama, mudah dibentuk, efisien, dan berdaya guna tinggi.

     Di Indonesia sendiri bata ringan mulai dikenal sejak tahun 1995. Sekarang jenis bata ringan yang beredar di negara ini ada 2 : CLC (Cellular Lightweight Concrete), AAC (Autoclaved Aerated Concrete).

Berikut adalah 10 keunggulan hebel / beton ringan dari bata merah :

  1. Lebih Ringan. ?Dengan ukuran yang sama namun bobot yang jauh lebih ringan sehingga pembebanan pada struktur di bawahnya juga lebih kecil, sehingga ukuran pondasi menjadi lebih kecil. Selain itu material ini dapat dengan mudah diangkut atau dipindah-pindahkan karena bobotnya yang ringan. Cocok untuk bangunan bertingkat banyak dan daerah yang rawan gempa seperti indonesia.
  2. Kuat dan tahan lama. ?Penggunaan semen sebagai bahan baku dasar, berarti peningkatan kekuatan setiap tahun pada penuaan bata ringan,sesuai dengan sifat beton, ketahanannya pun kurang lebih sama tahan lamanya dengan beton konvensional. 
  3. Tahan Api. Bata ringan merupakan anorganik tahan api, yang mengurangi resiko kebakaran. Tahan terhadap api selama kurang lebih 4 jam karena konduktivitas thermal yang di capai antara 0,05 � 0,15 Kcal/mh, yang mana 20-30 kali lebih tinggi dari beton normal. 
  4. Kedap suara?. Teknologi pembuatan bata ringan membuat material ini memiliki insulasi akustik lebih besar higga lima kali dari beton biasa,sehingga mampu mengurangi tingkat kebisingan suara dari luar. 
  5. Hemat energi?. Teknologi pembuatan hebel membuat material ini memiliki sifat isolasi panas yang baik, yang mana membuat rumah sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin, sehingga menghemat energi untuk pendingin dan pemanas. 
  6. Efisien dan ekonomis. Pemasangan hebel sebagai dinding menghemat pemakaian semen, yakni hanya dengan mengoleskan semen sekitar tiga mili saja maka antar bata sudah bisa melekat kuat. Hemat plesteran dan spasi hingga 75% karena ukurannya yang lebih besar daripada bata tiap hari (umumnya) dan permukaannya yang rata. Ukuran hebel yang besar dan bobot yang ringan juga berarti proses pengerjaannya lebih cepat, yang mana merupakan efisiensi waktu dan menghemat ongkos tukang. Disamping itu, harga hebel juga cukup murah jika dibandingkan pemasangan dinding dengan bata ataupun batako.
  7. Mudah pengerjaannya. ?Dapat diaplikasikan dengan sangat mudah dan hemat waktu dalam pengerjaannya karena bisa digergaji, dibor, dan tidak memerlukan peralatan khusus. 
  8. Ramah lingkungan?. Berat jenisnya rendah ( serendah � daripada beton biasa ) karena 70% materialnya udara , yang mana mengurangi penggunaan pasir dan semen sehingga menjadikannya menggunakan bahan lebih rendah daripada material bangunan biasa. Selain itu beton ringan biasa di daur ulang bila sudah tak di pakai. 
  9. Kedap air?. Penetrasi air rendah, sehingga dinding tidak mudah lembab bila terpapar oleh air hujan dan cepat kering. 
  10. Anti jamur dan kutu. ?Bata ringan tidak menyerap kelembaban hingga ke dalam, dan materi yang d gunakan tidak dapat dijadikan tempat tinggal kutu,serangga atau hewan jenis lainnya.
   Karena berat jenisnya dan ketahanan panas serta strukturnya yang berbeda, membuat beton ringan aerasi dapat di gunakan juga :
  • Untuk memperkuat sambungan tembok dan atap di bangunan rendah. 
  • Untuk tembok bagian dalam atau luar bangunan tinggi. 
  • Untuk menginsulasi panas bangunan dan untuk tembok dan atap ruangan pendingin. Produk ini sesuai untuk aplikasi ruang tangga darurat, cerobong, ventilasi dan koridor lift. 
  • Untuk menginsulasi suara pada bangunan.

Buruan Hubungi kami..!! Jangan sungkan kami akan senang hati membantu kebutuhan anda..


Whatsapp Marketing : 
0813-1582-0342 (Suratno) 0878-8795-5417 (Eddy S) 


Telephone : 0852-1387-7130 (Suratno)
   

BUIS BETON : MATERIAL UNTUK MEMBUAT SUMUR RESAPAN


MEMBUAT SUMUR RESAPAN
   Buis Beton atau gorong gorong adalah sebuah produk bahan bangunan yang terbuat dari beton precast dan dibentuk sedemikian rupa sehingga penampangnya menjadi berbentuk sebuah pipa dan dibuat dengan menggunakan besi tulangan maupun tanpa besi tulangan. Tulangan yang dimaksudkan disini yaitu serangkaian besi baja yang dibentuk menjadi sebuah jaring-jaring lalu ditanam ke dalam cetakan buis beton, yang akan berfungsi sebagai penguat dari adukan mortar. Namun karena harga gorong gorong tulangan yang dapat mencapai 3x lipat dari harga buis beton tanpa tulang, ditambah pula lamanya proses produksi, menyebabkan buis beton bertulang menjadi kurang popular penggunannya di masyarakat luas. Dan permintaan buis beton bertulang pun terbatas penggunaannya hanya untuk posisi-posisi saluran air yang dilewati oleh kendaraan-kendaraan berat (Crossing Road). Sementara untuk pemakaian standar, seperti aplikasi buis beton untuk saluran air di sisi jalan, maupun saluran air yang dilalui oleh kendaraan ringan, buis beton yang tanpa tulang sudah mencukupi kekuatannya.

   Buis beton memiliki ukuran yang bervariasi bergantung pada fungsi dan kebutuhan penggunaannya. Misalnya untuk saluran air umumnya menggunakan ukuran buis beton diameter 20 sampai 60 cm, sedangkan untuk septic tank dan penampungan sumur resapan air digunakan ukuran diameter 80 atau 100 cm. Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan buis beton terdiri atas air, pasir abu dan semen yang dicetak dengan cetakan yang terbuat dari besi plat bordes.

   Pada umumnya Buis Beton berfungsi sebagai pelapis dinding tanah dalam pembuatan sumur resapan atau pengerjaan galian saluran air. Baik yang sering di gunakan di sejumlah perumahan atau pun di tempat-tempat umum. Selain itu Buis beton juga kerap difungsikan pula sebagai aliran pembuangan air, yang mana penggunaannya dapat mempermudah pengerjaan dan tidak perlu melakukan pengecoran lagi.Di masyarakat luas buis beton dikenal juga dengan sebutan gorong gorong.


   Adapun jenis dari gorong gorong beton yang kerap diproduksi oleh pabrikan terdiri dari 2 macam jenis dan bentuk. Ada yang buis beton biasa dan buis beton non pasir (baik yang bentuknya bulat utuh satu lingkaran atau � lingkaran / belah), dari keduanya memiliki fungsi yang sama. Namun dari segi kelebihan jenis beton non pasirlah yang masih dianggap terbaik. Dikarenakan untuk buis beton ini, air yang nantinya lewat tidak meresap ke bagian dinding beton, sehingga dapat menahan lajunya air mengalir.

   
   Buis Beton juga dapat dipakai untuk membuat sumur resapan. Sumur resapan itu sendiri berfungsi memberikan imbuhan air secara buatan dengan cara menginjeksikan air hujan kedalam tanah. Sasaran lokasi adalah daerah resapan air di kawasan budidaya, permukiman, perkantoran, pertokoan, industri, sarana dan prasarana olah raga serta fasilitas umum & fasilitas social lainnya.

Kansteen Pembatas Jalan Beton Precast

kansteen pembatas jalan
Kansteen Pembatas Jalan


Kansteen adalah material beton precast yang biasa digunakan sebagai trotoar, bahu jalan, pembatas jalan, taman dan lain sebagainya.
Kansteen trotoar berfungsi sebagai penahan ataupun pengunci susunan paving block yang dipasang agar tidak bergeser atau berpindah posisi ketika terpasang.

Pemasangan kansteen dilakukan sebelum akan memasang konblok, hal ini berguna pula untuk memudahkan mencari sudut lurus dari naat-naatnya. Namun tidak jarang pula kansteen difungsikan sebagai car stopper pada area parkir. Kansteen di Indonesia khususnya memiliki berbagai macam jenis, baik dari segi fisik / bentuk maupun dari segi fungsinya.

Indonusa Conblock adalah salah satu pabrik beton pracetak di Indonesia yang memproduksi dan jual berbagai jenis dan ukuran kansteen beton dengan harga yang terjangkau.

Berikut adalah jenis - jenis kansteen beton produk Indonusa Conblock dengan ukuran dan fungsinya :

  • Kansteen Jepit
Kansteen taman
Kansteen Jepit
Kansteen taman atau dikenal juga dengan istilah kanstin jepit. Jenis kansteen beton precast ini biasanya digunakan pada area taman yang ada di perumahan-perumahan. Fungsinya sebagai pembatas atau border untuk taman tersebut.
Selain itu kansteen beton taman ini dapat menambah estetika dari taman sehingga terlihat lebih rapi serta cantik.
Kansteen taman yang diproduksi oleh Indonusa Conblock ada dua macam ukuran, yaitu ukuran kanstin 40x20x10 cm dan 40x20x13x10 cm.

  •  Kansteen Taman

kansteen pembatas jalan
Kanstin Taman
Kansteen beton pracetak jenis ini memiliki ukuran dan spesifikasi standar. Kansteen taman banyak digunakan sebagai pembatas jalan. Dapat juga diaplikasikan pada sistem pengaspalan jalan ataupun pemasangan paving block.
Kansteen taman yang diproduksi di pabrik Indonusa Conblock ada dua macam, yaitu ukuran kansteen 40x25x15x10 cm dan ukuran 40x28x15x13 cm.

  • Kansteen Pembatas Jalan
kansteen dki
Kanstin DKI
Kansteen pembatas jalan atau lebih dikenal dengan istilah kanstin DKI Jumbo adalah kansteen dengan ukuran paling besar yang diproduksi oleh Indonusa Conblock. Ukuran dari kanstin jenis ini yaitu 60x25x22x18 cm.

  • Kansteen Type S
kanstin type s
Kanstin Type S
Kanstin type S sangat cocok bila digunakan pada perumahan cluster karena bentuknya yang unik dan fungsinya yang dapat diaplikasikan sebagai tali air atau jalan air. Kansteen type S yang diproduksi oleh Indonusa Conblock yaitu memiliki spesifikasi ukuran 40x30x15x8 cm.

  • Kansteen Lubang Air
Kansteen lubang air adalah kansteen yang memiliki lubang ditengahnya. Fungsinya sebagai lubang pembuangan air yang menuju ke saluran u ditch atau gorong gorong. Semua jenis kanstin yang diproduksi oleh Indonusa Conblock terdapat pula kansteen model lubang air.

Demikianlah berbagai jenis ukuran kanstin beserta fungsinya.

Copyright © 2013 Dwi Jaya Sentosa | Jual Buis Beton & Uditch di Jakarta - Tangerang